Content: / /

Pendaftaran Haji Dibuka Lagi

Keuangan

06 Februari 2018
Pendaftaran Haji Dibuka Lagi

Calon Jamaah Haji sedang mengikuti manasik haji.(zainuddin).

Kementerian Agama (Kemenag) membuka kembali proses pembatalan pendaftaran haji reguler yang sempat ditutup selama 20 hari. Pembukaan bakal dimulai besok, Selasa, (6) setelah masa transisi pengelolaan dana haji Kemenag ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Keputusan Dirjen tentang Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler, hari ini sudah ditandatangani oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Proses pembatalan akan kembali dibuka besok,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Ahda Barori, melalui siaran persnya, Senin,

Kasubdit Pendaftaran Haji, Noer Aliya Fitra, menjelaskan, sejak tanggal 12 Januari calon jemaah haji reguler membayar setoran awal BPIH ke rekening Menteri Agama. Namun, saat ini setoran awal akan dibayarkan ke rekening BPKH.

Hal itu juga berlaku dengan proses pembatalan pendaftaran, pelunasan, dan pengembalian dana setoran awal BPIH. “Kini, pengembalian setoran awal BPIH akan dilakukan oleh BPKH ke rekening jemaah haji yang bersangkutan,”ucapnya.

Ia menuturkan proses pembatalan pendaftaran haji kini dilakukan melalui dua pintu. Proses pembatalan melalui Kemenag, sedang pengembalian dana hajinya akan dilakukan oleh BPKH. “Pembatalan tetap berlangsung seperti semula. Dari jemaah ke Kankemenag Kabupaten dan Kota. Dari jemaah ke Kankemenag Kab/Kota. Selanjutnya, surat pengajuan dikirim ke Ditjen PHU,” terangnya.

Setelah dilakukan verifikasi dan konfirmasi batal, Ditjen PHU akan mengirim surat pengajuan pengembalian dana jemaah batal ke BPKH untuk diproses lebih lanjut sampai uang cair melalui BPS BPIH. Proses pembatalan dari Kankemenag sampai dengan diajukan ke BPKH selama delapan hari kerja.

“Sedangkan BPKH akan melakukan verifikasi dan pencairan dana. Kalau merujuk pada RPP Pengelolaan Keuangan Haji, durasi waktunya sekitar lima hari kerja,” tandasnya. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com